Selasa, 02 Oktober 2007

PENGGERAK NOKEN KLEP DAN PERKEMBANGAN


Gue habis mikir ni perkembangan penggerak buka tutup klep pada motor bakar 4 tak maupun diesel.Lebih tepatnya timing klep yang diatur dari kruk-as.Nah ternyata di jaman lampau jamanya BSA AJS SUNBEAM ZUNDAPP VELOCETTE dah bermacam2 teknologi yang digunakan.Tapi sekarang ini teknologi itu nggak digunakan karena terlalu awet jadi ya rugi di pabrik pembuat kendaraan.Wah nyari keuntunganya jahat banget coy harusnya tu kendaraan bisa awet jadinya ada batasan umurnya.Malahan sekarang ada yang tragis lagi dah ada yang menggunakan timing belt.

Nah gue bagi seperti ini versi gue:

1.Penggerak rantai:atau banyak yang bilang keteng atawa kamprat,sekarang ini banyak digunakan sedangkan penemunya sendiri adalah shoichiro hoca.
2.Push rod: penggerak klep dengan model poros penonjok,kalo masih normal sistem seperti ini bagus tapi kalo dah uzur kasarnya bukan main
3.MAgic Sunbeam:ini bentuknya mirip sama stang seher,kalo belum ngeh bayangn aja kereta api uap.Tu lihat kerjanya engkol antar roda.
4.Streng: mengenaskan cuma pake streng timing belt tapi ya ternyata halus dan presisi.
5.Desmo dromic:sistem penggerak dengan keteng tapi ntu klep nggak pake per alias tuitupnya juga pake pergerakan noken.
6.Pneumatic:dah ruwet ini gerakan klep diatur oleh katup pneumatik yang dikontrol processor dan disesuaikan dengan EPM.
7.Hidrolic:bedanya ma pneumatic cuma penggeraknya ini pake cairan,biasanya sih oli.

Tidak ada komentar: